Trend Fashion Muslim Abaya Perspektif Pemasaran Islam (Studi Kasus Toko Abaya Pasuruan)

  • churin_in Universitas PGRI Wiranegara
  • Muhammad Aufin
  • Nunuk Indarti
Keywords: Trend Fashion Muslim, Abaya, Pemasaran Islam

Abstract

Trend fashion Muslim tahun 2024 ini ialah fashion gamis Abaya. Abaya merupakan budaya yang lahir bukan berasal dari datangnya Islam dan bukan pakaian wanita Muslim diseluruh dunia. Abaya kini sudah menjadi fashion yang mampu bersaing dengan fashion modern lainnya bahkan disajikan di acara mode busana kelas dunia seperti Dubai Fashion Week. Keberadaannya telah menjadi favorit di kalangan wanita Muslim di Timur Tengah dan sekitarnya. Namun sekarang, model pakaian ini cukup populer di Indonesia sebagai salah satu trend busana muslim 2024. Tahun 2024 membawa trend baru dalam dunia fashion muslim dengan memadukan gaya klasik, kenyamanan dan keanggunan. Salah satu yang menggerakkan Trend Fashion Muslim Abaya di Indonesia adalah wilayah Jawa Timur tepatnya Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan kerangka kerja konseptual dengan strategi toko abaya Pasuruan dalam memberikan kontribusi mereka untuk menciptakan trend fashion muslim dari pandangan Pemasaran Islam. Penelitian ini merupakan jenis artikel konseptual. Artikel ini merupakan hasil pemikiran penulis yang berangkat dari permasalahan yang dituangkan dalam bentuk tulisan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan produsen Abaya Pasuruan dalam memberikan kontribusi mereka menciptakan trend Fashion Muslim Abaya saat ini masih belum sepenuhnya menerapkan konsep Pemasaran Islam. Terdapat beberapa praktik marketer yang belum mewujudkan praktik mekanisme pasar yang sehat dan baik.

Kata kunci: Trend Fashion Muslim, Abaya, Pemasaran Islam

Published
2024-08-24