Pengaruh Motivasi dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ditinjau dari Etos Kerja Islam (Studi Kasus pada Perusahaan Ekspedisi Hira Express dan Cargo Cabang Cirebon)

  • Sri Hartati Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Global Mulia Cikarang
Keywords: Motivasi, Loyalitas, Kinerja Karyawan, Etos kerja Islam

Abstract

Motivasi dan loyalitas adalah sesuatu yang penting bagi meningkatnya kinerja karyawan dalam sebuah perusahaa. Tanpa adanya motivasi dan loyalitas setiap karyawan maka tidak akan maksimal kinerja yang dihasilkan. Seluruh karyawan Hira Express dan Cargo Cabang Cirebon beragama Islam maka adakah nilai Etos kerja Islam pada diri setiap karyawan. Perusahaan yang bergerak di bidang ekpedisi pengiriman barang. Dengan jumlah karyawan 33 orang karyawan. Karyawan di perusahaan ini banyak yang memiliki masa kerja di atas 2 tahun dan usia di atas 30 tahun.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif,dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivasi dan loyalitas kerja terhadap kinerja karyawan di Hira Express dan Cargo Cabang Cirebon, Hasil analisis determinasi diperoleh angka sebesar 0,423 atau sama dengan 42,3%. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (motivasi dan loyalitas) terhadap variabel dependen (kinerja karyawan) sebesar 42,3% atau variasi variabel independen yang digunakan dalam model (motivasi dan loyalitas) mampu menghasilkan persentase pengaruh sebanyak 42,3% terhadap variabel dependen (kinerja karyawan). Sedangka sisah persentasenya 57,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini, sedangkan hasi  dari wawacara dengan beberapa responden menunjukan terdapat nilai etos kerja Islam yang di terapkan pada diri karyawan Hira Express dan Cargo Cabang Cirebon.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi dan loyalitas berpengarug terhadap kinerja karyawan Hira Express dan Cargo Cabang Cirebon, dan karyawan Hira Express dan Cargo menerapkan nilai etos kerja Islam dalam diri setiap karyawannya.

Published
2020-04-02