Pengaruh Tingkat Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Artha Madani Cikarang

  • Nurajizah
  • Oktarina Juwita Rohmawati
Keywords: Pemahaman, Masyarakat, Riba, Bank Syariah, Perilaku Konsumen

Abstract

Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Artha Madani Cikarang. Program Studi Perbankan Syariah, STEBI Global Mulia Cikarang, 2019. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, mayoritas penduduknya beragama Islam. Sistem keuangan syariah yang lebih maju seharusnya mampu diwujudkan Indonesia dibanding negara lainya. Fakta yang ada tidak sebanding dengan perkembangan bank syariah di Indonesia. Minimnya tingkat pemahaman masyarakat tentang riba menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi, hal ini dapat dilihat dari jumlah kantor bank syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, pada periode Desember 2018 dengan total bank umum sebesar 31.618 sedangkan bank syariah sebesar 1.875. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman masyarakat tentang riba terhadap keputusan menjadi nasabah di bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Artha Madani Cikarang. Objek penelitian nasabah BPRS Artha Madani Cikarang yang berlamat di Jl. Industri No. 57 A, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random sampling, yaitu dengan membagikan kuesioner penelitian kepada responden, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 94 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai koefisien regresi (b) variabel tingkat pemahaman masyarakat tentang riba sebesar 0,658 koefisien regresi tersebut bernilai positif. Hasil uji secara parsial (uji t) menyatakan t hitung > t tabel (9,081>1,671) tingkat signifikansi < α (0,000<0,1) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Besarnya hasil (R square) yaitu 0,473. Artinya pengaruh variabel tingkat pemahaman masyarakat tentang riba (X) terhadap keputusan menjadi nasabah di BPRS Artha Madani Cikarang (Y) adalah sebesar 47,3% sedangkan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.

Published
2020-12-28