Analisis Praktik Dropship Online Dalam Tinjauan Bisnis Islam (Penelitian Pada Toko Teteh Jilbab Online Jakarta)

  • Ani Nuraeni Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Global Mulia Cikarang
Keywords: E-commerce, Sistem Dropship, Bisnis Islam, Bai’ as-salam

Abstract

Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi di zaman modern ini, berbagai macam kegiatan dapat dilakukan dengan mengandalkan internet sebagai bentuk perkembangan dibidang ilmu dan teknologi. Salah satu bentuk kegiatan yang saat ini marak dilakukan manusia dengan mengandalkan internet adalah e-commerce yang merupakan bagian dari e-bussines atau bisnis online. Toko Teteh Jilbab sebagai salah satu toko online yang transaksinya menggunakan sistem dropship. Dalam hal ini, pihak Teteh Jilbab berperan sebagai distributor. Adapun para reseller atau pengecer tidak memiliki stok barang, mereka hanya melakukan kerjasama dengan Toko Teteh Jilbab untuk memasarkan produknya. Hal yang dilakukan reseller ini bertentangan dengan salah satu syarat jual beli, yaitu barang harus sepenuhnya milik penjual.

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang praktik jual beli secara dropship di Toko Teteh Jilbab, hal-hal yang dapat mempengaruhi para pengecer menggunakan sistem dropship, dan untuk mengetahui tinjauan bisnis islam terhadap praktik dropship tersebut.

Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam praktik dropship online di Toko Teteh Jilbab ini, hanya distributor yang memiliki stok barang sedangkan para reseller hanya memasarkan  berbentuk foto dan tidak memiliki stok barang yang akan dijual. Ditinjau dari bisnis islam sistem ini bisa dilakukan jika berdasarkan prinsip umum atas dasar suka sama suka dan tidak ada yang merasa terzalimi. Ditinjau menggunakan akad bai’ as-salam praktik bisnis online dengan menggunakan sistem dropship yang dilakukan di Toko Teteh Jilbab diperbolehkan karena sudah memenuhi syarat dan ketentuan bai’ as-salam

Published
2020-04-02