Pengaruh Pengetahuan Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Rabbani (Penelitian Pada Masyarakat Kaum Perempuan di Kecamatan Cibitung Bekasi)

  • Dina Nuraeni Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Global Mulia Cikarang
Keywords: Pengetahuan produk, Keputusan pembelian, Harga

Abstract

Setiap produk memiliki banyak pesaing di industrinya masing-masing. Salah satunya industry fashion  dan hijab yang bernama Rabbani. Untuk saat ini Hijab Rabbani memiliki pesaing dari kalangan artis yang sama-sama memproduksi hijab dengan brand nama mereka sendiri yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, untuk itu semakin banyak brand artis yang memproduksi semakin banyak juga pesaing di industri fashion atau hijab. Lalu pengetahuan masyarakat mengenai harga yang ditawarkan rabbani selalu dianggap mahal.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan harga terhadap keputusan pembelian hijab rabbani di kecamatan cibitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan menyebarkan angket. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode insidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden masyarakat perempuan kecamatan cibtung yang membeli hijab rabbani. Metode analisis datanya menggunakan uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik,  uji hipotesa dan analisis statistik deskriptif. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 22 for windows. Hasil dari penelitian uji t adalah pengetahuan produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dan harga berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian, dan hasil dari penelitian uji f menunjukan bahwa pengetahuan produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Published
2020-04-02