Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Febrima A’yuningrum
Keywords: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Minat, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Ilmu pengetahuan Sosial pada SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan jumlah sampel 94 orang, yang diambil dengan teknik analisis regresi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah divalidasi dan tes yang juga telah divalidasi sebelumnya. Analisis data menggunakan teknik regresi ganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 18,989. Secara bersama-sama minat belajar dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 29,4% dan sisanya yaitu 70,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh nilai Sig. 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,916. Variabel minat belajar memberikan kontribusi sebesar 9,92% dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,473. Variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 19,5% dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Published
2020-12-28