Pengaruh Pelayanan Pengurus Koperasi dan Motivasi Berkoperasi Terhadap Partisipasi Anggota Kopkar PT. Fukoku Tokai Rubber Indonesia Dalam Sudut Pandang Ekonomi Syariah

  • Yayah Robayah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Global Mulia Cikarang
Keywords: Pelayanan, Motivasi Berkoperasi, Partisipasi Anggota

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana pelayanan pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota KOPKAR PT. Fukoku Tokai Rubber Indonesia. Partisipasi anggota dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah pelayanan  dan motivasi berkoperasi. Hasil penelitian awal di KOPKAR PT. Fukoku Tokai Rubber Indonesia menunjukkan bahwa partisipasi anggota dalam kategori baik yaitu senilai 68%.

Hasil penelitian berdasarkan analisis  deskriptif presentase menunjukan bahwa pelayanan pengurus dalam kategori sangat baik, motivasi berkoperasi dalam kategori baik, dan partisipasi anggota dalam kategori baik. Pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota KOPKAR PT. Fukoku Tokai Rubber Indonesia secara parsial besarnya pengaruh variabel Pelayanan Pengurus  sebesar -2,775 dan Motivasi berkoperasi sebesar 5,554. Sedangkan secara simultan pengaruh pelayanan pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota koperasi adalah sebesar 15,241. Hasil uji analisis regresi berganda adalah Y = 16,786 – 0, 240X1 + 0,605 X2. Berdasarkan Uji R2  secara simultan dapat diketahui bahwa besar pengaruh pelayanan pengurus dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota KOPKAR PT. Fukoku Tokai Rubber Indonesia sebesar sebesar 31,4%

 Hasil penelitian berdasarkan analisis  deskriptif   kualilatif  koperasi ini menerapkan prinsip syariah  yaitu dengan menerapkan prinsip keadilan, berbuat kebaikan, pertanggungjawaban serta kejujuran dan kebenaran. Selain itu juga menerapkan transaksi berbasis syariah.

Published
2020-04-02