Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Karyawan 212 Mart Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen 212 Mart Mutiara, Cibarusah – Bekasi)
Abstract
Pengembangan koperasi 212 Mart ini masih banyak yang belum berjalan dengan baik. Dengan demikian, peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena masih banyaknya masalah dalam pengembangan koperasi ini yang belum ter realisasi oleh anggota koperasi 212 Mart. Pengelola 212 Mart masih belum menjalankan program kerja dan selain itu masih banyak fasilitas – fasilitas di koperasi ini yang masih minim seperti kurang nya AC (Air Conditioner), Toilet yang belum di renovasi, Produk yang tidak ada, area parker yang sempit, kulkas untuk minuman hanya beberapa. Ditambah masyarakat yang belum paham dan mengetahui koperasi 212 Mart.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen pada 212 Mart di Mutiara Cibarusah, Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan 212 Mart terhadap loyalitas konsumen di Mutiara Cibarusah, Mengetahui pengaruh kepuasan dan kualitas pelayanan 212 Mart secara bersama sama terhadap loyalitas konsumen di Mutiara Cibarusah
Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif dengan mengkaji sistem pengembangan koperasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka ditarik kesimpulan pada pengujian pengaruh kepuasan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah sebagai berikut:Berdasarkan hasil analisis regresi pada Uji T (Parsial) pada varibel kepuasan diperoleh nilai Thitung lebih besar daripada T tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima yang artinya, bahwa kepuasan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah.Berdasarkan hasil analisis regresi pada Uji T (Parsial) pada variabel kualitas pelayanan diperoleh T hitung lebih besar daripada T tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima yang artinya, bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah.Berdasarkan hasil analisis regresi pada Uji F (Simultan) diperoleh nilai Fhitung lebih besar daripada F tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H03 ditolak dan Ha3 diterima, yang artinya kepuasan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah.